Batu akik dan permata

Posted: Januari 18, 2012 in Catatan kecil tentang batu akik gambar
Tag:

BATU AKIK DAN PERMATA

Batu Permata, Batu akik, dan Batu bergambar atau batu mineral yang bisa di jadikan perhiasan atau asesoris,merupakan harta kekayaan alam. Memotong dan mengupam batu permata dan menjadikannya perhiasan sudah merupakan kerajinan yang mapan jauh sebelum orang Romawi menemukan nama untuk menyebutnya : LAPIDARIUS yang artinya “dari batu”. Sudah sejak 4000 tahun sebelum masehi, orang Mesopotamia mengukir batu yang berbentuk silinder yang digunakan sebagai cap. Mula-mula mereka menggunakan perkakas tangan untuk mengolah bahan yang cukup lunak seperti pualam. Tetapi sekitar 3000 tahun sebelum Masehi, mereka memakai roda untuk membentuk dan mengupam betu yang cukup keras, seperti kuarsa dan batu setengah berharga lainnya. Cara mereka sejajar dengan yang digunakan sekarang, pemotongan dan pengupaman batu itu sebenarnya dilakukan dengan alat penggosok pada alat yang berputar.

Pengrajin purbakala di Yunani, Persia dan Mesir, seperti halnya orang Mesopotamia, terpesona pula akan keindahan batuan permata, yaitu kecemerlangan, kejernihan, corak dan warnanya. Mereka memang mulai menghubungkan batu permata dengan kekuatan khusus yang melindungi pemakainnya. Dengan demikian intan diartikan sebagai pelindung.terhadap amarah,sapphire sebagai penangkal kemiskinan dan gigitan ular, mirah sebagai pencegah ketidakbahagiaan dan mimpi buruk, dan pirus sebagai pencegah kecelakaan. Praktrek pemakaian batu kelahirann ini di banyak negeri merupakan takhyul dan tertinggal. Tetapi di beberapa kepercayaan dan negeri di asia masih merupakan kepercayaan yang masih diyakini sampai sekarang.

Baru pada akhir abad pertengahan orang dimana-mana mengerjakan pengasahan batu permata, yakni memotong permukaanya dalam urutan bidang datar untuk menangkap dan membiaskan cahaya.  Semua permukaan itulah yang menimbulkan kilauan yang cemerlang pada permukaan cincin intan. Memotong intan merupakan seni halus, untuk itu diperlukan penetahuan mengenai bangun hablur batu yang bersangkutan, peralatan rumit dan mahal serta kesabaran.

Dari sekitar 2000 mineral yang dikenal orang, hanya beberapa lusin yang memenuhi persyaratan sebagai bahan batu perhiasan. Diantaranya yang paling berharga, seperti intan, zamrud, mirah dan sapphire. Masih tersisa banyak mineral berwarna warni dan menonjol coraknya, yaitu akik, yaspis, karnelia, malakit, pirus, batu giok, kuarsa (termasuk kecubung dan sutrin). Semua itu bisa dijadikan sebagai batu perhiasan yang indah-indah

Komentar
  1. Mr WordPress mengatakan:

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s